Produk Dari Tanaman Aren Sangat Banyak Dan Bernilai Jual

Produk dari tanaman aren atau dikenal dengan nama enau ini cukup beragam. Tak heran jika saat ini cukup banyak orang yang mulai membudidayakannya. Terlihat jelas dari menjamurnya perkebunan aren yang ada di Indonesia terutama di daerah luar jawa. Hampir semua bagian tanaman aren bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan pangan atau benda pakai yang memiliki nilai jual.

Beragam Produk Dari Tanaman Aren Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan Manusia

Tanaman aren sekilas hampir mirip dengan pohon kelapa yang dapat menjulang tinggi dengan daun yang bersirip. Ternyata tak hanya rupa yang sama, namun manfaat dan kegunaannya juga tak jauh beda. Berikut ini adalah rangkuman tentang produk-produk yang dihasilkan dari tanaman aren:

  1. Gula Aren

Gula Aren
Gula Aren

Gula aren yang dikenal memiliki rasa dan aroma yang khas ternyata merupakan salah satu produk utama dari pohon aren. Air nira yang disadap dari bunga jantan nantinya diolah di atas tungku api dalam waktu beberapa jam. Setelah mengental dan berwarna kecoklatan, adonan siap dicetak dan dipasarkan dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingan jenis gula merah serta gula bit.

  1. Kolang-kaling

Kolang-kaling
Kolang-kaling

Makanan kolang-kaling adalah hasil dari biji-bijian pohon aren. Proses pembuatannya tidaklah mudah. Biji ini keras dan bergetah sehingga harus sabar dan berhati-hati mengolahnya. Panganan kenyal ini ternyata tinggi akan kandungan serat sehingga membantu metabolisme tubuh.

  1. Tepung Aren

Tepung Aren
Tepung Aren

Olahan tepung aren memang masih terdengar asing di sebagian masyarakat. Padahal kandungan gizi dari sari pati batang aren ini cukup tinggi. Memang proses pengolahannya membutuhkan waktu yang lama. Batang aren harus diparut dan diendapakan terlebih dahulu agar memperoleh sari pati yang diinginkan.

  1. Cuka Aren

Cuka Aren
Cuka Aren

Produk dari tanaman aren yang selanjutnya adalah cuka. Air cuka dari tanaman aren ini tak lain adalah nira yang difermentasikan. Jika dibiarkan lama tersimpan dalam kondisi terbuka, maka lama-kelamaan akan berubah menjadi cuka. Butuh waktu hingga satu minggu lamanya agar nira tersebut berubah menjadi asam.

  1. Ijuk

Ijuk
Ijuk

Ijuk yang dihasilkan oleh pohon aren dapat dijadikan beragam produk bermanfaat. Mulai dari tali ijuk yang biasanya digunakan untuk membuat ikatan yang kokoh. Selain itu, serabut ini juga dimanfaatkan untuk membuat sapu yang awet dan lama. Jaring-jaring ikan juga ada yang terbuat dari ijuk.

  1. Nata Pinatta

Nata Pinatta
Nata Pinatta

Mungkin sedikit asing didengar, Nata Pinatta tak lain merupakan produk jeli yang terbuat dari air nira. Melalui proses fermentasi dan penyaringan, jadilah nata yang segar dan menyehatkan.

  1. Bioetanol

Bioetanol
Bioetanol

Nira aren juga bisa diubah menjadi bahan bakar atau bioetanol yang telah memenuhi standar kualifikasi untuk jenis nabati. Berdasarkan penelitian, untuk mendapatakan 1 liter bioetanol dibutuhkan nira hingga 9 liter. Namun, pengguanaannya belum begitu meluas karena keterbatasan sarana dan prasarana.

  1. Kayu Aren

Kayu Aren
Kayu Aren

Kayu dari batang aren ternyata dapat disulap menjadi berbagai macam barang-barang rumah tangga seperti piring, cobek, sendok, serta mangkuk. Kayu aren yang cenderung berwarna gelap juga bisa dijadikan sebagai lantai rumah yang kokoh dan tidak cepat lapuk.

Produk dari tanaman aren tersebut semuanya dipastikan laku di pasaran. Kami sebagai penyedia lahan kavling aren menawarkan kepada Anda sekalian dengan harga cukup terjangkau. Lokasinya berada di daerah perkebunan Sungai Pinang, Pekanbaru. Pertimbangkan keuntungan yang akan diperoleh dari hasil panen aren tersebut.

Mau Informasi Lebih Detail Mengenai Kavling Aren?
Silahkan Isi Formulir Dibawah Ini:

Leave a Comment